You are currently viewing Pengurus ORARI Lokal Pringsewu Periode 2019 – 2022 Dilantik

Pengurus ORARI Lokal Pringsewu Periode 2019 – 2022 Dilantik

Pengurus Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) Lokal Pringsewu periode 2019-2022 dilantik oleh Ketua ORARI Lokal Pringsewu Drs.H.Heri Iswahyudi, M.Ag. (YC4THI) di sekretariat ORARI Lokal Pringsewu, Sabtu (19/10/19).

Pengurus yang dilantik diantaranya Wakil Ketua I  Aris Mulato S.K.M. (YC4XAM) dan Wakil Ketua II A.Dawami, S.P. (YB4WAM), Sekretaris Athanasius Indratno P.S. (YD4XGT) dan Wakil Sekretaris Dekky Maulana W.P. S.Kom. (YD4XLH), Bendahara Suriah (YD4SUR) dan Wakil Bendahara Sriniati, S.Pd. (YD4SOG). Kemudian dilengkapi juga dengan sejumlah bidang-bidang.

Acara pelantikan ini dihadiri oleh Ketua ORARI Daerah Lampung H.Iwan Novriza, S.E., M.M. (YB4VAY) beserta jajaran pengurus ORARI Daerah Lampung, jajaran DPP ORARI Lokal Pringsewu, beserta anggota ORARI Lokal Pringsewu yang membawahi wilayah Kabupaten Pringsewu, Kabupaten Pesawaran dan Kabupaten Tanggamus.

Ketua ORARI Daerah Lampung H.Iwan Novriza, S.E., M.M. (YB4VAY) dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada seluruh pengurus ORARI Lokal Pringsewu yang dilantik, sekaligus selamat melaksanakan tugas serta kerja organisasi.

Menurut Iwan, ada beberapa tips yang dapat dilakukan oleh jajaran pengurus ORARI Lokal Pringsewu, agar kegiatannya tetap hidup, yakni dengan mengadakan kegiatan net, baik pada pagi maupun malam hari, agar frekuensi tidak sepi.

“Kemudian yang kedua, jika memungkinkan dan ada rezeki, ya tidak ada salahnya menyediakan hadiah-hadiah kecil untuk kegiatan net tersebut, sebagai tanda kasih ketua dan pengurus kepada anggotanya. Kemudian yang ketiga adalah dengan seringnya berkumpul bersama rekan-rekan sesama anggota, sebagai ajang bersilaturahmi selain melalui radio, agar tetap guyup dan rukun,” ujarnya.

Ketua ORARI Lokal Pringsewu Drs.H.Heri Iswahyudi, M.Ag. (YC4THI) dalam sambutannya mengatakan dalam berorganisasi, harus dapat dipastikan bahwa sebuah roda organisasi dapat hidup dan berjalan dengan lancar dan baik, manakala proses pemilihan pengurusnya berlangsung sesuai aturan yang berlaku sebagaimana AD/ART, kemudian berjalannya program yang telah disusun. “Saya berharap ORARI Lokal Pringsewu akan menjadi lebih baik lagi kedepannya,” harapnya.

Lebih lanjut, Ketua ORARI Lokal Pringsewu yang juga Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pringsewu sekaligus Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Pringsewu ini mengatakan di era yang serba digital dan berbasis IT sekarang ini, setiap insan radio amatir harus melengkapi diri dengan kemampuan berkomunikasi secara digital melalui aplikasi. Hal ini sejalan dengan tema yang diangkat yakni ‘Meningkatkan kualitas individu pengurus dan anggota ORARI dalam menyambut Revolusi Industri 4.0’.

Ketua ORARI Lokal Pringsewu juga menyoroti banyaknya masyarakat yang memiliki dan menggunakan perangkat radio komunikasi, baik berupa Rig maupun HT, tetapi tidak dilengkapi izin. “Ini sebenarnya tinggal menunggu waktu saja, jika suatu saat dilakukan sweeping oleh pihak yang berwenang. Oleh karena itu,,, saya mengajak seluruh masyarakat yang memiliki dan menggunakan perangkat radio komunikasi tanpa izin maupun anggota ORARI yang masa izinnya telah habis untuk dapat segera mengurusnya,” kata dia.

Oleh karena itu, lanjut Heri, salah satu program kerja organisasi yang ia pimpin adalah melakukan jemput bola bagi anggota-anggota yang IAR (Izin Amatir Radio) nya telah habis untuk memperpanjang atau melakukan ujian ulang. “Saat ini marak terjadi pelanggaran atas Undang-undang ITE. Saya percaya, Insha Allah anggota ORARI tidak sampai terjerat Undang-undang ITE, karena anggota ORARI selama ini terbiasa disiplin dan patuh terhadap aturan hukum dan perundang-undangan yang berlaku,” tutupnya.